Jika kita berbicara dengan games, maka kita tidak akan lepas dari
beberapa merek dagang terkenal pembuat games ini. Sampai saat ini sudah
banyak perusahaan games terkemuka di dunia yang membuat beberapa games
terbaru dan terkenal semisal game Battlefield 4 terbaru, dibuat oleh
Electronic Arts, game Resident Evil buatan Capcom. Nah kali ini ajidgame
akan membahas mengenai 6 Perusahaan games terkenal dan terpopuler di Dunia tahun 2013 dan 2014. Mari kita simak :
1. Electronic Arts (EA)
Electronic Arts, Inc. (EA) adalah sebuah perusahaan pembuat, penjual
dan distributor dari game asal Amerika. Mulai merintis usaha pada 28 Mei
1982 oleh Trip Hawkins, perusahaan ini adalah perintis rumah industri
game komputer awal dan terkenal karena mempromosikan perancang dan
programer yang bertanggung jawab untuk game-nya. Electronic Arts adalah
perusahaan game terbesar ketiga di dunia dengan pendapatan setelah
Nintendo dan Activision Blizzard.
Saat ini, EA mengembangkan dan menerbitkan game di bawah beberapa label
termasuk EA Sports, Madden NFL, FIFA, NHL, NCAA Football, NBA Live, dan
BES. Adapun game besutan EA yang tidak kalah terkenalnya adalah
Battlefield, Need for Speed, The Sims, Medal of Honor, Command &
Conquer, serta Dead Space, Mass Effect, Dragon Age, Star Wars II dan
Star Wars: Knights of the Old Republic, yang bekerja sama dengan
LucasArts. EA juga memiliki dan mengoperasikan studio besar game, yang
bernama Tiburon di Orlando, EA Canada di Burnaby, BioWare di Edmonton
serta Montreal dan DICE di Swedia.
Awalnya , EA adalah penerbit dari game saja . Pada akhir 1980-an ,
perusahaan mulai mengembangkan game konsol yakni awal 1990-an. EA
kemudian tumbuh melalui akuisisi beberapa pengembang sukses . Pada awal
2000-an , EA telah menjadi salah satu penerbit pihak ketiga terbesar di
dunia . Pada tanggal 4 Mei 2011, EA dilaporkan memiliki pendapatan $ 3,8
milyar hingga Maret 2011, dan pada tanggal 13 Januari 2012, EA
mengumumkan bahwa mereka telah melebihi $ 1 miliar dalam pendapatan
digital. Dalam catatan kepada karyawan , CEO EA John Riccitiello
menyebutnya sebagai " tonggak yang sangat penting " bagi perusahaan . EA
mulai bergerak ke arah distribusi langsung dari game digital dan jasa
dengan perolehan mendapatkan perolehan arward sebagai Industri Game
Popular oleh Pogo.com pada tahun 2001 . Pada tahun 2009 , EA
mengakuisisi startup game sosial Playfish yang berbasis di London , dan
pada bulan Juni 2011, EA meluncurkan Origini, layanan online untuk
menjual game secara online langsung ke konsumen pada bulan Juli 2011, EA
mengumumkan . bahwa telah mengakuisisi PopCap Games , perusahaan yang
memiliki games Plants vs Zombies dan Bejeweled . Saat ini, EA berfokus
dalam penjualana software games digital, dan mencoba meminimalisir
penjualan lewat fisik. Beberapa petinggi dari EA antaralain presiden EA
Label Frank Gibeau , COO Peter Moore , dan CTO Rajat Taneja , dan EVP
digital Kristian Segerstrale .
Tahun 2006, situs reviewer game Metacritic memberikan rata-rata EA game sebagai 72,0 (dari 100); 2,5 poin di belakang Nintendo (74,5) tetapi menjelang mengalahkan Microsoft (71,6) dan Sony (71,2). Penerbit lain seperti Take-Two Interactive (penerbitan sebagai 2K Games dan Rockstar Games) di 70,3. Sisanya top 10 seperti (Sega, THQ, Ubisoft, Activision, Square Enix) semua tingkat di pertengahan 60an. Sejak tahun 2005, EA telah menerbitkan delapan game besar dengan skor 90-an antara lain Battlefield 2, Crysis, Rock Band, FIFA 12, FIFA 13, Mass Effect 2, Mass Effect 3 dan Dragon Age: Origins.
EA menerima banyak kritik karena hasil gamenya yang terkesan monoton dan tidak memiliki inovasi terutama dalam games olahraga . FIFA terkesan buruk dan hanya diupdate nama pemain dan tim saja, sementara kualitas permainan mekanis , user interface , dan grafis nya cenderung tidak sehebat game buatan EA lainnya. Bahkan Ubisoft mengatakan bahwa " EA sangat lambat dalam berinovasi seperti siput , " CEO perusahaan sendiri , John Riccitiello , mengakui kurangnya inovasi terlihat dalam industri pada umumnya , mengatakan , " Kami bosan dengan game yang terus-terusan seperti ini dan terkesan seperti update tahunan saja" EA telah mengumumkan bahwa mereka mengalihkan perhatian untuk menciptakan IP permainan baru untuk membendung kecenderungan ini , dengan baru saja diakuisisi dan kritis diakui studio BioWare dan Pandemi akan berkontribusi terhadap proses ini. Pada tahun 2012 , game EA telah mengalami peningkatan bagus dari semua penerbit besar di industri , menurut Metacritic.
Tahun 2006, situs reviewer game Metacritic memberikan rata-rata EA game sebagai 72,0 (dari 100); 2,5 poin di belakang Nintendo (74,5) tetapi menjelang mengalahkan Microsoft (71,6) dan Sony (71,2). Penerbit lain seperti Take-Two Interactive (penerbitan sebagai 2K Games dan Rockstar Games) di 70,3. Sisanya top 10 seperti (Sega, THQ, Ubisoft, Activision, Square Enix) semua tingkat di pertengahan 60an. Sejak tahun 2005, EA telah menerbitkan delapan game besar dengan skor 90-an antara lain Battlefield 2, Crysis, Rock Band, FIFA 12, FIFA 13, Mass Effect 2, Mass Effect 3 dan Dragon Age: Origins.
EA menerima banyak kritik karena hasil gamenya yang terkesan monoton dan tidak memiliki inovasi terutama dalam games olahraga . FIFA terkesan buruk dan hanya diupdate nama pemain dan tim saja, sementara kualitas permainan mekanis , user interface , dan grafis nya cenderung tidak sehebat game buatan EA lainnya. Bahkan Ubisoft mengatakan bahwa " EA sangat lambat dalam berinovasi seperti siput , " CEO perusahaan sendiri , John Riccitiello , mengakui kurangnya inovasi terlihat dalam industri pada umumnya , mengatakan , " Kami bosan dengan game yang terus-terusan seperti ini dan terkesan seperti update tahunan saja" EA telah mengumumkan bahwa mereka mengalihkan perhatian untuk menciptakan IP permainan baru untuk membendung kecenderungan ini , dengan baru saja diakuisisi dan kritis diakui studio BioWare dan Pandemi akan berkontribusi terhadap proses ini. Pada tahun 2012 , game EA telah mengalami peningkatan bagus dari semua penerbit besar di industri , menurut Metacritic.
2. Sony Playstation
Konsol pertama dalam seri, PlayStation, adalah PSX yang terjual 100 juta unit, dalam waktu 9 tahun dan 6 bulan setelah peluncuran awalnya. Penggantinya, PlayStation 2, dirilis pada tahun 2000. PlayStation 2 adalah konsol rumah terlaris sampai saat ini, telah mencapai lebih dari 150 juta unit terjual pada 31 Januari 2011. Konsol Sony terbaru, PlayStation 3, dirilis pada tahun 2006 telah terjual lebih dari 75 juta konsol di seluruh dunia dan diperkirakan Maret 2013 78 juta unit.
Seri pertama dari konsol portable milik PlayStation adalah PlayStation Portable atau PSP, terjual total 71,4 juta unit di seluruh dunia pada 14 September , 2011. Seri terbaru saat ini adalah PlayStation Vita, yang diluncurkan di Jepang pada tanggal 17 Desember. 2011 dan di sebagian besar wilayah utama lainnya pada Februari 2012 telah terjual lebih dari 1,2 juta unit pada akhir Februari 2012. Accesories lain dirilis sebagai bagian dari seri PlayStation termasuk PSX, perekam video digital yang terintegrasi dengan. PlayStation dan PlayStation 2, meskipun hanya sesaat saja karena harga yang tinggi dan tidak pernah dirilis di luar Jepang, serta Sony Bravia televisi yang terjual bersama PlayStation 2. Game pad PlayStation menjual seri DualShock, telah terjual 28 juta pengendali pada 28 Juni 2008.
PlayStation Network adalah layanan online dengan lebih dari 69 juta pengguna di seluruh dunia (per 25 Januari 2011) . Ini terdiri dari pasar virtual online, PlayStation Store, yang memungkinkan pembelian mendapatkan games dengan layanan online berbasis langganan yang dikenal sebagai PlayStation Plus dan layanan jejaring social gaming yang disebut PlayStation Home , yang memiliki lebih dari 14 juta pengguna di seluruh dunia. PlayStation Suite adalah sebuah software menyediakan konten PlayStation cross-platform dan lintas - perangkat, saat ini hanya Android dan perangkat PlayStation Vita yang didukung . . Konten direncanakan hanya terdiri dari PlayStation game asli saat ini .
Saat generasi produk PlayStation juga menggunakan XrossMediaBar , yang merupakan antarmuka pengguna pemenang interface terbaik. Sebuah antarmuka pengguna sentuhan baru berbasis layar disebut LiveArea diluncurkan untuk PlayStation Vita , yang mengintegrasikan elemen-elemen jaringan sosial ke dalam interface. Selain itu , PlayStation 2 dan PlayStation 3 konsol asli juga menampilkan dukungan untuk sistem operasi berbasis Linux , meskipun ini karena telah dihentikan.
3. Xbox
Konsol pertama dalam seri, Xbox, adalah konsol pertama yang ditawarkan oleh perusahaan Amerika setelah Atari Jaguar yang memberhentikan penjualan pada tahun 1996. Konsol ini terjual 24 juta unit hingga 10 Mei 2006 konsol Microsoft yang paling baru-baru ini dirilis, Xbox 360, dirilis pada tahun 2005 dan telah terjual lebih dari 77.200.000 konsol di seluruh dunia hingga akhir 18 April 2013. Penerus Xbox 360, Xbox One, dirilis 21 Mei 2013. Rencanya konsol ini bakal direlease pada 22 November 2013 box One di dunia 21 pasar di seluruh dunia pada November 22, 2013.
Xbox One akan direlase pada 22 November 2013 di Amerika Utara, sebagai penerus dari Xbox 360. Xbox One akan bersaing dengan Sony PlayStation 4 dan Nintendo Wii U sebagai bagian dari generasi kedelapan konsol permainan video. Diumumkan pada tanggal 21 Mei 2013, Xbox One akan merubah fitur-fitur berbasis internet, termasuk kemampuan untuk merekam dan gameplay secara streaming, dan kemampuan untuk mengintegrasikan dengan set-top box untuk menonton TV kabel atau satelit melalui konsol, interface ditingkatkan dan kontrol suara akan berbasis Kinect.
Setelah pengmuman resmi akan hadirnya konsol ini , Xbox One terbukti kontroversial untuk manajemen hak digital aslinya dan praktik privasi , sedangkan Microsoft dicekal karena Xbox One akan mencemarkan privasi dari permainan ( terlepas dari apakah mereka dibeli secara fisik atau digital ) pada setiap Xbox One, kemampuan untuk berbagi seluruh data dengan "keluarga" anggota, semua game akan harus terikat ke account Xbox Live, dan ini diperlukan sambungan internet karena data diupdate tiap 24 jam di konsol untuk menyingkronkan data dan apabila tidak, maka konsol tidak bisa befungsi untuk bermain game sama sekali. Tentu saja hal ini sangat menganggu bagi pemain yang tidak memiliki atau tidak selalu bisa terkoneksi di Internet, dan pada akhirnya Microsoft meninggalkan sistem ini sepenuhnya . Microsoft juga dikritik karena kinectnya yang harus terintegrasi dengan Xbox One agar konsol dapat berfungsi. Hal ini juga dikritik banyak gamers dan pada akhirnya Xbox One tidak mesti harus digunakan dengan kinect.
4. Rockstar Games
Rockstar Games adalah pengembang video game dan penerbit multinasional yang berada di New York City, yang dimiliki oleh Take- Two Interactive yang juga membeli British video game publisher BMG Interaktif . Game-game besar yang dihasilkan antara lain Grand Theft Auto , Max Payne , LA Noire , Warriors , Bully , Manhunt , Midnight Club, State of Emergency , dan Red Dead. Sistem permainan adalah dunia terbuka, bebas berkeliaran dan mengatur permainan mereka . Two Interactive telah mengakuisisi juga telah bergabung ke dalam merek Rockstar , beberapa yang baru lainnya telah mempertahankan identitas mereka sebelumnya dan telah menjadi bagian dari divisi 2K Game . Label Rockstar Games didirikan di kota New York pada tahun 1998 oleh British video yang produsen game Sam Houser , Dan Houser , Terry Donovan , Jamie King dan Gary Foreman . Markas utama Rockstar Games ( sering disebut sebagai Rockstar NYC ) terletak di Broadway di lingkungan SoHo New York City, bagian dari kantor Take- Two Interactive . Ini adalah rumah bagi pemasaran, dan juga merupakan tempat pengembangan produk.Pada bulan Oktober 2011 , wakil presiden kreatif Rockstar Dan Houser mengatakan Famitsu bahwa Rockstar sengaja menghindari mengembangkan game dalam first-person shooter . " Kami sengaja menghindari itu sekarang ," katanya , menurut terjemahan 1UP.com . " Ada dalam DNA kita untuk menghindari melakukan apa yang perusahaan lain lakukan. Saya kira Anda bisa mengatakan bahwa Max Payne 3 adalah sesuatu yang dekat dengan FPS , tetapi ada aspek-aspek yang benar-benar unik untuk pengaturan dan gameplay di sana, juga , bukan hanya dalam cerita . Anda harus memiliki orisinalitas dalam permainan Anda, Anda harus memiliki beberapa jenis pesan menarik Anda bisa mengatakan bahwa goalpoint dari Rockstar adalah memiliki pemain benar-benar merasakan apa yang kita coba lakukan " . . Houser melanjutkan dengan mengatakan bahwa Rockstar telah " membuat genre tersendiri dan player juga merasakannya lewat game semisal GTA . Kami tidak bergantung pada testimonial dalam buku bisnis untuk melakukan apa yang kami lakukan . Saya pikir kami berhasil justru karena kita tidak berkonsentrasi pada keuntungan ... Jika kita membuat semacam permainan kami ingin bermain , maka kami yakin orang akan membelinya . "
Adapun game-game yang telah dan berhasil dibuat antara lain
- Grand Theft Auto series (1997–present)
- Midnight Club series (2000–2010)
- Max Payne series (2001–2012)
- Manhunt series (2003–2007)
- Red Dead series (2004–2010)
6. CAPCOM
Perusahaan-perusahaan asli IRM lahir di Jepang dan sekarang ini banyak cabang Capcom, didirikan pada tanggal 30 Mei 1979, serta anak perusahaannya Jepang Capsule Komputer Co , Ltd , yang keduanya dikhususkan untuk manufaktur dan distribusi mesin-mesin permainan elektronik. kedua perusahaan mengalami perubahan nama menjadi Sambi Co , Ltd pada bulan September 1981 , sementara Capcom Co , Ltd sendiri pertama kali didirikan pada tanggal 11 Juni 1983, dengan tujuan mengambil alih departemen penjualan internal.
Pada Januari 1989 , yang lama afiliasi perusahaan Capcom Co , Ltd bergabung dengan Sambi Co , Ltd , dan mejado cabang di Jepang saat ini . Sementara produk pertama Capcom adalah Little League dioperasikan koin dari Juli 1983 , real video game pertama, Vulgus arcade , dirilis pada Mei 1984. Dimulai dengan Entertainment System Nintendo tahun 1942 diterbitkan pada bulan Desember 1985, perusahaan mulai menjelajah ke pasar home video game konsol , yang menjadi segmen bisnis utama beberapa tahun kemudian . Sejak itu , Capcom menciptakan 15 juta penjualan seri permainan yang paling sukses dari game Resident Evil . Pada tahun 1994 , Capcom membuat Street Fighter yang mengambil tema dari dunia film dengan nama yang sama . Tentu saja kesuksesan juga menghadiri beberapa kritik. Ditahun 2002 adaptasi seri Resident Evil menghadapi kritik tapi juga sukses di bioskop . Perusahaan melihat film sebagai cara untuk membangun penjualan untuk video game nya .
Capcom meluncurkan franchise Street Fighter pada tahun 1987 . Rangkaian permainan pertempuran adalah yang paling populer di genre game fighting , dan telah terjual lebih dari 30 juta unit . Pada tahun yang sama , 1987 , perusahaan memperkenalkan seri Mega Man . Menjual hampir 30 juta unit , yang merupakan salah satu game unggulan unggulan Capcom . Capcom mulai membuat suatu game horor yang berjudul Resident Evil pada tahun1996 . Serial ini telah mencapai sukses besar , menjual hampir 50 juta unit . Setelah bekerja pada entri kedua dalam seri Resident Evil , Capcom mulai bekerja membuat suatu permainan yang mirip Resident Evil untuk PlayStation 2 baru . Sangat berbeda dari seri yang ada , Capcom memutuskan dengan membuat franchise tersendiri yaitu Devil May Cry . Penjualannya di konsol tersebut lebih dari 10 juta unit . Capcom juga sukses besar dengan game Monster Hunter pada tahun 2004 . Permainan ini telah terjual hingga 20 juta unit pada berbagai konsol .
Karena dianggap terlalu bergantunga pada game-game yang sudah ada, maka Capcom berusaha membuat suatu games baru untuk Xbox 360 dan PlayStation 3 yaitu Lost Planet dan Dead Rising. Kedua game ini juga ternyata mendapatkan review positif dan negatif. Setiap judul sudah melahirkan setidaknya satu sekuel.
9. Ubisoft Entertainment
Ubisoft Entertainment SA adalah pengembang dan publisher video games global asal Perancis dengan kantornya yang berpusat di Rennes . Perusahaan berasal dari Carentoir ( Morbihan , Brittany ) , memiliki banyak cabang di seluruh dunia dengan 26 studio di 19 negara , dan memiliki anak perusahaan lebih di 26 negara . Saat ini merupakan publiseher game terbesar ketiga di Eropa , dan terbesar ketiga di Amerika Serikat dalam pembangunan studio terbesar perusahaan adalah Ubisoft Montreal di Kanada , yang saat ini mempekerjakan sekitar 2.100 orang . Yves Guillemot , adalah ketua dan CEO. Pada 2008-2009 , secara fisik pendapatan Ubisoft adalah € 1058000000 , mencapai € 1000000000 tonggak untuk pertama kalinya dalam sejarah . Ubisoft telah menciptakan divisi film sendiri disebut Ubisoft Motion Pictures yang akan membuat tampilan dan film berdasarkan game-nya .Pada bulan Maret 2001 , Gores Technology Group menjual perusahaan hiburan The Learning Company (yang meliputi permainan aslinya diterbitkan oleh Broderbund , Mattel , Mindscape dan Simulasi Strategis , Inc ) kepada mereka . Penjualan tersebut juga termasuk game Myst dan Prince of Persia seri . Pada bulan Juli 2006 , Ubisoft juga membeli franchise driver dari Atari untuk sejumlah € 19.000.000 ( US $ 24 juta) tunai untuk hak paten , hak teknologi , dan aset . Pada bulan Juli 2008 , Ubisoft membuat perolehan Hybride Technologies, sebuah studio yang berbasis di Montreal terkenal karena keahliannya dalam penciptaan efek visual untuk bioskop , televisi dan iklan . Pada bulan November 2008 , Ubisoft mengakuisisi Massive Entertainment dari Activision. Pada Januari 2013 , Ubisoft mengakuisisi South Park miliki THQ untuk $ 3.265.000.
Pada bulan Desember 2004 , saingan perusahaan game Electronic Arts membeli saham 19,9 % di perusahaan, tindakan Ubisoft disebut sebagai "musuh " dari pihak EA . Ubisoft mengumumkan rencana pada tahun 2013 untuk berinvestasi $ 373.000.000 dalam operasi Quebec nya untuk lebih dari tujuh tahun , sebuah langkah yang akan menghasilkan 500 pekerjaan tambahan di provinsi ini . Penerbit adalah investasi dalam perluasan teknologi motion capture nya , dan mengkonsolidasikan operasi game online dan infrastruktur di Montreal . Investasi signifikan ini diharapkan dapat menghasilkan 500 pekerjaan di Quebec selama tujuh tahun . Pada tahun 2020 , perusahaan akan mempekerjakan lebih dari 3.500 staf di studio di Montreal dan Quebec City .
0 komentar:
Posting Komentar